Minggu, 08 Januari 2012

Kronologis Kasus Lambang Negara Garuda Pancasila

Seperti yang kita ketahui dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2009, Pasal 57 huruf c dan d melarang penggunaan Lambang Negara Garuda Pancasila, dan ini adalah kronologis kasus yang menimpa Eko Santoso dan Erwin Agustian yang harus menjalani proses PIDANA ketika mereka menggunakan lambang Garuda Pancasila dalam Stampel Pembentukan Komisi Pemilihan Umum PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring System, dengan semangat Nasionalisme dan kecintaannya pada Pancasila :

Bahwa pada tanggal 3 Oktober 2010 dilakukan Pembentukan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems di Balai RW Perum Mulya Mekar – Purwakarta. Bahwa pada pertemuan tersebut memilih Sdr. Eko Santoso sebagai Ketua, Sdr. Erwin Agustian sebagai Wakil Ketua dan 14 orang Anggota yang lain.

Bahwa pada tanggal 10 Oktober 2010 dikeluarkan Surat Keputusan ( SK ) Pengurus Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems oleh PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems.

Bahwa pada tanggal 18 Oktober 2010 Sdr. Erwin Agustian atas ide bersama Sdr. Eko Santoso membuat Stample KPU dengan bentuk lingkaran merah bertuliskan Komisi Pemilihan Umum SPAMK FSPMI dan Gambar Garuda menoleh ke sebelah kanan lengkap dengan perisai dan kedua kaki menggenggam pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika di bagian tengahnya.

Bahwa alasan Sdr. Erwin Agustian dan Eko Santoso membuat stample dengan bentuk tersebut di atas adalah karena rasa Nasionalisme serta bangga terhadap lambang Negara sebagai warga Negara Indonesia. Selain itu Sdr. Erwin Agustian dan Eko Santoso berpikir bahwa hanya Pancasila yang tertera di Perisai Garuda sebagai Lambang Negara itulah yang sesuai menjadii dasar atau falsapah kegiatan pemilihan tersebut.

Bahwa stample tersebut hanya digunakan pada tanggal 22 s/d 30 November 2010 untuk Surat Izin Pelaksanaan kegiatan pemilihan Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems yang ditunjukan ke Management PT. Sumi Indo Wiring Systems, Segel kotak suara, serta poster-poster berupa kampanye calon Ketua dan tata cara pemilihan yang di pasang di madding Plant 1, Plant 2 dan Plant 3 PT. Sumi Indo Wiring Systems. Bahwa pada tanggal 22 November 2010 Surat Izin Pelaksanaan kegiatan pemilihan Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems dilayangkan ke Management PT. Sumi Indo Wiring Systems.

Bahwa pada tanggal 24 November 2010 Management PT. Sumi Indo Wiring Systems menjawab surat izin dari PUK SPAMK FSPMI PT. Sumi Indo Wiring Systems tersebut yang isinya mengizinkan kegiatan tersebut.

Bahwa dari tanggal 25 S/d 28 November 2010 Poster-poster Kampanye Calon Ketua dan Tata cara pemilihan di temple di madding Plant 1, Plant 2 dan Plant 3 PT. Sumi Indo Wiring Systems.

Bahwa pada tanggal 29 November 2010 dilaksanakan pemungutan suara yang dilakukan pada saat anggota memasuki area perusahaan dan anggota pulang kerja di Pos Security. Bahwa pada tanggal 30 November 2010 dilakukan penghitungan suara yang dilakukan di kantin Plant 1 PT. Sumi Indo Wiring Systems jam 16.30 s/d 17.30 WIB, yang dihadiri oleh Anggota KPU, Ibu Indah Yuliana ( perwakilan Management ), Bp. Budiono ( Kepala Security ) dan perwakilan dari KAPOSPOL Bukit Indah.

Bahwa tanpa sepengetahuan kami, pada tanggal 29 November 2010 Sdr Irham Bin Muhyi Efendi ( Sekretaris PUK SP-Lem FSPSI PT. Sumi Indo Wiring Systems ) melaporkan penggunaan Lambang Negara pada Stample KPU Ke Polres Kab. Purwakarta karena dianggap telah melanggar UU No. 24 tahun 2009 tentang penggunaan Lambang Negara.

Bahwa pada tanggal 9 Desember 2010 Sdr. Ade Supyani sebagai ketua sementara dan Sdri. Mimin Mintarsih sebagai sekertaris PUK SPAMK FSPMI PT. SUMI INDO WIRING SYSTEMS dipanggil ke Sat Reskrim Purwakarta ( Ruang Unit II ) untuk dimintai keterangan sebgai saksi dalam perkara tindak pidana setiap orang yang membuat lambing untuk perseorangan, partai politik, perkumpulan,organisasi dan / atau perusahaan yang sama atau menyerupai lambang Negara sebagaimana dalam pasal 69 huruf b UU RI No.24 Tahun 2009 tentang bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan yang dilakukan dengan memasang cap stempel yang berlambang burung Garuda di surat permohonan izin pelaksanaan pemilihan Ketua PUK FSPMI PT.SIWS yang berkop surat Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT.SIWS.

Bahwa pada tanggal 21 Desember 2010 Sdr. Eko santoso Sebagai ketua KPU dipanggil ke Sat Reskrim Purwakarta ( Rung Unit II ) untuk dimintai keterangan sebgai saksi dalam kasus yang sama.

Bahwa pada Tanggal 08 Januari 2011 Sdr. Erwin Agustian Sebagai Wakil Ketua KPU dipanggil ke Sat Reskrim Purwakarta ( Rung Unit II ) untuk dimintai keterangan sebgai saksi dalam kasus yang sama.

Bahwa Pada Tanggal 23 Januari 2011 Sdr Ade Supyani dihubungi oleh Bripda Arif Murba. SH sebagai penyidik Sat Reskrin Unit II Polres Purwakarta untuk menghadap beliau. Bahwa pada jam 17.30 Sdr. Ade Supyani dan Sdr Erwin Agustian menghadap Bripda Arif Murba di Sat Reskrim Purwakarta.

Bahwa pada pertemuan tersebut Sdr Arif Murba SH memberikan surat panggilan atas nama Erwin Agustian dan Eko Santoso untuk menghadap kepada Ipda Mas’ud Sulaiman di kantor Sat Reskrim Polres Purwakarta jalan Veteran No.408 Purwakarta 41118, pada hari jum’at tanggal 28 Januari 2011 pukul 09.00 wib di Ruang unit II ( Ekonomi ) Sat Reskrim Polres Purwakarta untuk dimintai keterangan sebagai Tersangka dalam perkara tindak pidana setiap orang yang membuat lambang untuk prseorangan, partai politik ,perkumpulan,organisasi dan / atau perusahaan yang sama atau menyerupai lambang negaradan setiap orang yang dengan sengaja menggunakan Lambang Negara untuk keperluan selain yang diatur dalam Undang – Undang ini.Sebagaimana dalam pasal 69 huruf b dan C UU RI No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan yang dilakukan dengan cara memasang cap stempel yang berlambang burung Garuda di surat permohonan izin pelaksanaan Pemilihan Ketua PUK FSPMI PT.SIWS yang berkop surat Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT.SIWS.

Bahwa Sdr. Eko Santoso dan Sdr. Erwin Agustian telah memenuhi panggilan dan memberikan keterangan apa adanya.

Bahwa kedua tersangka telah melakukankan wajib lapor selama sebulan, selanjutnya pada awal bulan 09 Mei 2011 Sdr. Arip Murba, SH ( Reskrim Polres Kab. Purwakarta ) memanggil Sdr. Ade Supyani. Bahwa pada pertemuan tersebut Sdr. Arip Murba, SH ( Reskrim Polres Kab. Purwakarta ) Memberitahukan bahwa berkas perkara kasus ini telah dilimpahkan ke kejaksaan Kab. Purwakarta (P21).

Bahwa pada tanggal 16 Mei 2011 ± 3000 masa yang tergabung dalam serikat pekerja FSPMI Kab. Purwakarta mengadakan Aksi solidaritas ke Kejaksaan Negeri Purwakarta menuntut agar proses hukum kedua tersangka dihentikan. Bahwa setelah Aksi tersebut Kejaksaan Negeri Purwakarta tidak bergeming dan tetap melanjutkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Purwakarta.

Bahwa Pada Tanggal 23 Juni 2011 Briptu Arip Murba, SH ( Reskrim Polres Kab. Purwakarta ) menghubungi kedua tersangka untuk mengambil surat yang dititipkan jaksa Toni Purnama, SH. Isi surat tersebut adalah panggilan untuk sidang di Pengadilan Negeri Purwakarta pada tanggal 27 Juni 2011.

Bahwa pada tanggal 24 Juni 2011 kedua tersangka diserahkan oleh Briptu Arip Murba, SH ( Reskrim Polres Kab. Purwakarta ) ke kejaksaan Negeri Purwakarta. Bahwa setelah diserahkan, kedua terdakwa langsung diperiksa olek JPU Toni Purnomo, SH. Bahwa pada pemeriksaan tersebut kedua terdakwa memberikan keterangan apa adanya dan sebenar-benarnya.

Bahwa pada Tanggal 27 Juni 2011 digelar siding pertama di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda pembacaan dakwaan. Bahwa untuk melakukan pendampingan dan pembelaan kedua tersangka FSPMI Kab. Purwakarta meminta bantuan ke LBH UNSIKA Karawang yaitu Bp. Imam BS, SH, MH.

Bahwa pada tanggal 04 Juli 2011 sidang ke dua kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda keterangan saksi. Yang menjadi saksi yaitu Sdr. Ade Supyani (FSPMI), Sdri. Mimin Mintarsih (FSPMI), Sdr.Dian Setiawan (FSPMI) Sdri. Indah Yuliana ( Mgr. HRD PT. SIWS ) dan Sdr. Irham Bin Muhyi Efendi ( Pelapor dari SPSI ).

Bahwa pada tanggal 11 Juli 2011 sidang ketiga kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda kesaksian dari saksi ahli yang di datangkan oleh Jaksa penuntut Umum yaitu Dr Saipul Bahri. Bahwa pada sidang tersebut saksi ahli tidak bisa datang, maka sidang ditunda dan akan kembali digelar pada tanggal 18 Juli 2011 dengan agenda yang sama.

Bahwa pada tanggal 14 Juli 2011 Sdr. Erwin Agustian dan Eko Santoso didampingi perangkat Organisasi dari KC/PC FSPMI Kab. Purwakarta mengadu ke KOMNASHAM di Jakarta. Keduanya mengadukan kasus ini karena merasa diperlakukan tidak adil, bahwa sebenarnya banyak yang menggunakan lambang Negara ini tetapi kenapa hanya mereka berdua yang diproses dan kasusnya tetap berlanjut ke pengadilan. Bagaimana dengan kasus Gugatan David Tobing dan jutaan orang yang menggunakan Lambang Negara ini..?

Bahwa di KOMNASHAM kedua tersangka diterima oleh salah satu staf KOMNASHAM yang bernama Bakti. Bahwa setelahpengaduan diterima, dari KOMNASHAM menyarankan kepada kedua tersangka untuk membuat surat pemohonan untuk diberikan Saksi Ahli dari KOMNASHAM. Bahwa saat itu juga kedua tersangka langsung membuat pemohonan tersebut. Bahwa kedua tersangka telah beberapa kali menghubungi menghubungi pihak KOMNASHAM, akan tetapi sampai saat ini belum ada kepastian dari Pihak KOMNASHAM tentang Saksi Ahli tersebut.

Bahwa Kedua terdakwa berharap bisa mengajukan untuk menghadirkan saksi ahli yang bisa membantu membebaskan kedua terdakwa dari segala tuntutan.

Bahwa pada tanggal 18 Juli 2011 sidang keempat kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda kesaksian dari saksi ahli yang di datangkan oleh Jaksa penuntut Umum yaitu Dr Saipul Bahri. Bahwa pada sidang tersebut saksi ahli tidak bisa datang, maka sidang kembali ditunda dan akan kembali digelar pada tanggal 25 Juli 2011 dengan agenda yang sama.

Bahwa tanggal 25 Juli 2011 sidang ke lima kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta. Bahwa pada sidang tersebut hakim meminta keterangan saksi ahli yang didatangkan oleh Jaksa Penuntut Umum yaitu Dr Sepul Bahri dari Universitas Muhamadiyah Jogjakarta dan Universitas Bhayangkara. Bahwa dalam kesaksiannya Dr Saepul Bahri menyatakan perbuatan kedua terdakwa telah melanggar Undang-Undand dan menyatakan bahwa pembuat stample tidak bisa dinyatakan bersalah. Kuasa hukum kedua tersangka meminta kepada hakim untuk sidang berikutnya pihak terdakwa akan mendatangkan saksi ahli. Sidangberikutnya diagendakan tanggal 02 Agustus 2011.

Bahwa pada tanggal 01 Agustus 2011 kedua terdakwa didampingi oleh Konsulat Cabang FSPMI Purwakarta menemui David Tobing untuk berkonsultasi masalah hukun terkait kasus Garuda. Bahwa pada pertemuan tersebut Bp. David Tobing banyak memberikan pandangan hukum terkait kasus Garuda dan beliau memberikan foto copy berkas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengenai gugatan penggunaan Lambang Garuda di kaos Team Nasional PSSI.

Bahwa pada tanggal 02 Agustus 2011 sidang ke enam kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda kesaksian dari saksi ahli dari pihak terdakwa. Bahwa pada sidang tersebut Jaksa Penuntut Umum tidak hadir dikarenakan sakit, maka sidang kembali ditunda dan diagendakan kembali pada tanggal09 Agustus 2011.

Bahwa pada tanggal 03 Agustus 2011 kedua terdakwa ditemani Konsulat Cabang FSPMI Purwakarta bersama kuasa hukum kedua terdakwa menemui Dr Asvi Marwan di LIPI Jakarta untuk membicarakan permohonan menjadi saksi ahli pada sidang tanggal 09 Agustus 2011. Hasil pertemuan tersebut Dr Asvi Marwan bersedia memberikan keterengan sebagai saksi ahli pada sidang tanggal 09 Agustus 2011.

Bahwa pada tanggal 09 Agustus 2011 sidang ke tujuh kembali digelar di Pengadilan Negeri Purwakarta dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli Dr Asvi Marwan. Bahwa pada sidang tersebut Dr Asvi Marwan menerangkan selama penggunaan lambang Garuda tidak bermaksud untuk melecehkan, merendahkan dan menghina lambang Negara tidak menjadi masalah. Sidang berikutnya akan kembali digelar tanggal 15 Agustus 2011.

Bahwa pada tanggal 15 Agustus 2011 sidang ke delapan kembali digelar dengan agenda pemeriksaan terdakwa. Bahwa pada kesempatn itu kedua terdakwa memberikan keterangan apa adanyaBahwa pada waktu yang sama gabungan buruh yang tergabung dalam FSPMI melakukan aksi solidaritas di PN purwakarta tempat sidang kasus garuda digelar dengan tuntutan bebaskan eko dan Erwin dari segala tuntutan. Bahwa pada kesempatan itu pula perwakilan dari FSPMI yaitu Fuad (Keua KC FSPMI Kab. Purwakarta), Ade Supyani ( Ketua PC SPAMK FSPMI Kab. Purwakarta), Rustan dan Prihantoro P (Ketum dan Pengurus PP SPAMK FSPMI) diterima oleh humas PN Purwakarta. Perwakilan FSPMI menyampaikan kepada Humas PN Purwakarta Bahwa yang diprosesnya Eko dan Erwin merupakan ketidak adilan karena dari jutaan masyarakat yang menggunakan lambang garuda di Indonesia, hanya mereka berdua yang diproses sampai ke pengadilan. Perwakilan FSPMI juga meminta agar PN purwakarta membebaskan atau hukuman yang seringan-ringannya kepada Eko dan Erwin. Bagian humas PN berjanji akan menyampaikan aspirasi dari FSPMI ke Ketua Pengadilan tapi beliau tidak bisa melakukan interperensi kepada majelis hakim. Bahwa FSPMI berharap sidang berikutnya dapat ditunda sampai setelah libur lebaran.

Bahwa harapan FSPMI agar sidang berikutnya ditunda sampai selesai libur lebaran ternyata tidak terkabulkan, Majelis hakim mengagendakan sidang berikutnya tanggal 25 Agustus 2011. Maka pada tanggal 18 Agustus FSPMI Purwakarta mengirim surat pemberitahuan aksi ke Polres purwakarta.

Bahwa pada tanggal 18 agustus KC FSPMI Purwakarta bersama Eko S dan Erwin melakukan usaha lain yaitu datang ke DPRRI Komisi 3 dan Komisi 9 untuk berkonsultasi hukum dan meminta perlindungan hukum terkait kasus Garuda yang sedang di proses di PN Purwakarta.

Bahwa pada tanggal 24 Agustus 2011 Kapolres Purwakarta memanggil Perangkat FSPMI di Pos Polisi Gerbang Tol Cikopo. Bahwa pada pertemuan tersebut Kapolres meminta agar FSPMI dapat menunda acara aksi ke PN purwakarta tanggall 25 Agustus 2011, Kapolres Pwk minta pengertiannya kepada FSPMI sehubungan dengan Proses arus mudik lebaran sudah mulai padat dan semua personil kepolisian ditugaskan untuk mengatur arus mudik tersebut. Bahwa Kapolres Purwakarta akan membantu memfasilitasi FSPMI untuk bertemu dengan Ketua PN Purwakarta guna membicarakan atau meminta keringanan jika mungkin perihal kasus Garuda tersebut setelah libur hari raya Idul Fitri. Bahwa FSPMI sepakat untuk menunda aksi tanggal 25 Agustus 2011.

Bahwa pada tanggal 25 Agustus 2011 Terdakwa tidak bisa hadir dikarenakan sakit sehingga agenda sidang ditunda dan jijadwalkan kembali pada tanggal 6 September 2011 dedngan agenda Pembacaan tuntutan dari Jaksa penuntut umum.

Bahwa pada tanggal 06 September 2011 sidang berikutnya digelar dengan agenda pembacaan tuntutan. Bahwa pada sidang tersebut Jaksa penuntut umum menuntut Sdr. Erwin dan Eko S dengan tuntutan 3 bulan penjara dan 6 bulan hukuman percobaan dengan catatan hukuman itu tidak perlu dijalankan.

Bahwa pada agenda sidang berikutnya tanggal 13 September 2011 Jaksa penuntut umum tidak hadir dilkarenakan sakit sehingga sidang di tunda dan diagendakan kembali pada tanggal 19 September 2011.

Bahwa pada tanggal 19 september 2011 sidang berikutnya dengan agenda pembelaan dari Kuasa hukum terdakwa. Bahwa Kuasa hukum terdakwa mengatakan bahwa tidak seharusnya kedua terdakwa dituntut denga 3 bulan kurungan dan 6 bulan hukuman percobaan karena yang menggunakan lambang Garuda bukan hanya Eko dan Erwin. Sidang berikutnya dijadwalkan tanggal 22 September 2011 dengan agenda jawaban pembelaan terdakwa oleh Jaksa Penuntut umum.

Bahwa pada tanggal 20 September 2011 FSPMI mengajukan surat pemberitahuan aksi ke Kapolres untuk tanggal 22 September 2011 dengan tuntutan Eko dan Erwin dibebaskan tanpa Syarat. Hal ini dilakukan karena FSPMI belum ada jaminan dari pihak pengadilan untuk membebaskan kedua terdakwa atau sekurang-kurangnya di berikan hukuman yang seringan-ringannya dengan belum adanya pertemuan antara FSPMI dengan Ketua PN Purwakarta seperti yang dijanjikan Kapolres purwakarta serta belum ada jaminan dari perusahaan untuk tidak melakukan PHK terhadap kedua terdakwa jika tetap keduanya di putus bersalah oleh majelis Hakim PN Purwakarta.

Bahwa pada tanggal 21 September 2011 Polres Purwakarta melalui Kasat Intel Polres Purwakarta mengundang kembali Perangkat FSPMI untuk mendiskusikan perihal rencana Aksi tanggal 22 September 2011. Bahwa pada pertemuan tersebut kast intel meminta agar aksi tersebut ditunda dikarenakan kondisi purwakarta yang sedang tidak kondusif pasca kerusuhan / perubuhan patung dan kasat intel telah mendapat jaminan dari management PT.SIWS dan beliau menyarankan ketua PUK SPAMK FSPMI PT SIWS untuk menghadap ke Bp Budi Eko Prasetiyo selaku direktur PT. SIWS. Bahwa akhirnya FSPMI menyutujui untuk menunda kembali aksi ke PN Purwakarta.

Bahwa pada tanggal 22 September 2011 Didin Hendrawan (Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. SIWS) dan Ade Supyani ( Ketua PC SPAMK FSPMI Kab. Purwakarta ) menemui Bp Budi Eko Prasetiyo. Pada pertemuan tersebut Bp. Budi Eko Prasetio mengatakan langsung kepada Didin Hendrawan dan Ade Supyani bahwa beliau menjami tidak akan melakukan PHK kepada Erwin dan Eko.

Bahwa pada tanggal 22 September 2011 Sidang kembali ditunda dikarenakan Hakim tidak bisa hadir dikarenakan ada acara konfrensi hakim perempuan di Jakarta. Sidang kembali dijadwalkan pada tanggal 26 September 2011.

Bahwa tanggal 26 September 2011 sidang berikutnya digelar dengan agenda pembacaan jawaban Jaksa Penuntut Umum atas pembelaan Kuasa Hukum terdakwa. Bahwa jawaban Jaksa penuntut Umum pada intinya menolak semua pembelaan dari Kuasa Hukum terdakwa. Agenda sidang berikutnya dijadwalkan kembali pada tanggal 03 Oktober 2011.

Bahwa pada tanggal 03 Oktober 2011 sidang terakhir yaitu sidang putusan digelar. Pada sidang tersebut majelis hakim berdasarkan fakta persidangan, bukti- bukti dan kesaksian dari saksi-saksi memutuskan bahwa kedua terdakwa dinyatakan bersalah. Atas pertimbangan kedua terdakwa tersebut punya keluarga yang masih perlu beri nafkah serta. Serta usianya masih muda dan jiwa nasionalisnya masih dapat dipergunakan untuk kemajuan perusahaan, masyarakat, bangsa dan Negara maka untuk memberikan efek jera kedua terdakwa diberi hukuman 1 bulan penjara dan 3 bulan hukuman percobaan, tetapi hukuman tersebut tidak perlu dijalankan yang penting kedua terdakwa tidak melakukan tindak pidana apapun selama 3 bulan. Bahwa kedua belah pihak yaitu Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa tidak langsung menerima oleh karenanya Majelis Hakim memberikan waktu kepada kedua belah pihak untuk berfikir selama 7 hari kerja.

Bahwa sampai hari ke tujuh Kedua terdakwa tidak memberikan jawaban, maka dengan demikian kedua terdakwa dianggap menerima putusan majelis hakim. Bahwa pada tanggal 11 Otober 2011 Sdr. Erwin Agustian menemui jaksa penuntut umum. Bahwa pada pertemuan tersebut Jaksa Penuntut Umum menyatakan menerima putusan Majelis hakim dan beliau telah menandatangani putusan tersebut.

1 komentar:

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka <<< 1057 >>> alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 475
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))






    KLIK DISINI 2D-3D-4D-5D-6D-






    DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS…

    angka;GHOIB: singapur


    angka;GHOIB: hongkong


    angka;GHOIB; malaysia


    angka;GHOIB; toto magnum 4d


    angka"GHOIB; laos…


    angka"GHOIB; macau


    angka"GHOIB; sidney


    angka"GHOIB: vietnam















    BalasHapus