Senin, 07 Maret 2011

TKI adalah "Pahlawan" Devisa, Benarkah..???

Tepatkah jika kita mengatakan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) adalah Pahlawan Devisa...?

Dalam Konstitusi, Negara menjamin kesejahteraan, hak hidup, pekerjaan warga negaranya, dan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya. Jika kita melihat Negara Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki Sumber Daya Alam (kekayaan alam) yang melimpah, laut yang kaya akan kekayaan hayati, tanah yang subur, hasil tambang seperti emas, perak, tembaga, minyak bumi,, uranium yang luar biasa banyaknya. Ditambah dengan wilayah yang begitu luas yang memungkinkan dapat terciptanya industri-industri yang dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Namun mengapa Masyarakat Indonesia lebih senang menjadi tenaga kerja diluar negeri, dan yang lebih ironisnya adalah mayoritas Tenaga Kerja Indonesia bekerja di luar negeri menduduki level pekerjaan paling rendah seperti :  Pembantu Rumah Tangga (PRT), Buruh Kasar. Sehingga kerap kali TKI sering mendapatkan perlakuan yang tidak layak seperti dihina, disiksa, bahkan dibunuh dengan cara yang mengenaskan.

Sering kita dengan bahwa Tenaga Kerja Indonesia atau yang sering disebut TKI adalah Pahlawan Devisa Negara. Yang menjadi pertanyaan mengapa Gelar Pahlawan devisa diberikan oleh pemerintah kepada TKI dan banyak LSM maupun TKI mendukung gelar tersebut disematkan kepada TKI..? Apakah TKI sudah menerima perlakuan seperti layaknya seorang Pahlawan?

Mari kita melihat apa arti pahlawan yang sebenarnya,

Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Kemudian berdasarkan Undang-undag Negara Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2009 tentang Gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan, dalam ketentan umum dikatakan bahwa Pahlawan Nasional adalah Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Tanda Kehormatan Bintang Republik yang terdiri atas 5 (lima) kelas, yakni :
1. Bintang Republik Indonesia Adipurna;
2. Bintang Republik Indonesia Adipradana;
3. Bintang Republik Indonesia Utama;
4. Bintang Republik Indonesia Pratama;
5. Bintang Republik Indonesia Nararya.

Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera yang terdiri atas 5 (lima) kelas, yakni :
1. Bintang Mahaputera Adipurna;
2. Bintang Mahaputera Adipradana;
3. Bintang Mahaputera Utama;
4. Bintang Mahaputera Pratama;
5. Bintang Mahaputera Nararya.

Silahkan anda lihat, apakah TKI kita selama ini sudah diperlakukan selayaknya seorang pahlawan oleh pemerintah? Apakah ada salah satu dari TKI kita yang diberikan gelar kepahlawanan sebagai perhargaan pahlawan Devisa Negara?

Cara negara memperlakukan seorang pahlawan yang sering kita lihat bersama adalah dengan memberikan penganugerahan bintang jasa kepahlawanan, mengabadikan namanya sebagai nama jalan, memasukan namanya dan tindakannya dalam museum kepahlawanan dan membangun monumen / patung agar dapat terkenang sepanjang masa.

Menurut saya, Gelar Pahlawan Devisa Negara yang diberikan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kita adalah merupakan PEMBOHONGAN PUBLIK yang merupakan strategi pemerintah dengan sengaja membuat Stigma "Pahlawan" agar melekat dalam diri para TKI, untuk menutupi kegagalan Pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya. Gelar tersebut diberikan agar orang yang bekerja sebagai TKI bangga karena dirinya adalah seorang pahlawan penghasil devisa untuk negaranya.

Coba kita melihat secara cermat, sebenarnya pemerintah sedang menggadaikan warga negaranya menjadi pekerja di negara lain, karena tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya, karena tidak mampu mengelola kekayaan negara sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan kemudian mendapatkan kompensasi pajak yang sering disebut devisa negara. Apakah hal ini lebih tepat jika dikatakan bahwa TKI adalah SAPI PERAH Negara..??

Jika memang benar gelar pahlawan devisa itu diberikan kepada TKI, seharusnya pemerintah memperlakukan seluruh TKI layaknya seorang Pahlawan, namun yang terjadi adalah pemerintah hanya diam, bahkan terlihat tidak perduli terhadap nasib TKI "Pahlawan Devisa" yang terlantar, disiksa, dibunuh di negara lain.

Ironisnya, banyak orang, LSM yang mengaku pembela nasib TKI yang mendukung kebohongan yang dilakukan oleh pemerintah dengan terus mengatakan bahwa TKI adalah Pahlawan Devisa Negara.

Sudah saatnya kita STOP kebohongan itu...

Jangan lagi katakan bahwa TKI adalah Pahlawan Devisa, jika TKI tidak diberikan haknya layaknya seorang pahlawan. Sehingga orang tidak lagi berbondong-bondong menjadi TKI karena bangga dirinya akan menjadi pahlawan devisa negara.

Saatnya kita menuntut agar pemerintah dapat meningkatkan penciptaan lapangan pekerjaan sehingga dapat menurunkan angka TKI yang bekerja di Luar Negeri.

8 komentar:

  1. kenapa ada TKI? itu yang perlu digarisbawahi.....
    sebelumnya TKI dibagi menjadi beberapa :
    1. TKI asli (kwaliteit terjamin) kerja di sektor formal dan informal di Jepang dan Korea Selatan.
    2. TKI KW Super kerja di Hongkong dan Taiwan dalam sektor Formal dan sektor Rumah Tangga.
    3. TKI KW 1 kerja di Singapura
    4. TKI KW 2 kerja di Malaysia dan Arab Saudi dan sekitarnya.
    yang membedakan adalah :
    1. Jenis pendidikan dan etos kerja. saya tidak membicarakan darimana mereka berasal, tapi biasanya yang diterima di Jepang dan Korsel adalah yang berasal dari daerah yang memiliki etos kerja tinggi. tingkat pendidikan biasanya S-1 dan SMU/SMK, Perawat dan Bidan. sedangkan Hongkong dan Taiean adalah TKI terlatih yang memiliki tingkat pendidikan SMU/SMK atau Akper yang memiliki tingkat penguasaan bahasa mandarin kasar. tapi hal ini memerlukan kecerdasan otak untuk dapat menguasai bahasa. biasanya juga babby sister yang naik pangkat setelah mendapatkan pengalaman di Singapore baru bisa melamar ke Hongkong / Taiwan kecuali melalui mekanisme KKN (kroniisme adalah faktor paling dominan, jadi ini tidak hanya ada di sektor Birokrasi, di sektor pembokatpun pakai KKN).kemudian Singapore adalah lulusan SMP-SMU dan hanya menguasai bahasa Melayu. sedangkan Arab Saudi dan Malaysia adalah tingkat pendidikan yang terendah, dulu SD saja bisa.. dan biasanya primadona dari daerah tertentu.
    2. Pembedaaan (Diferensiasi, ceilee) dari Pengalaman atau Working Experience: Untuk Jepang Korsel biasanya sistem magang dari mereka yang berpendidikan tetapi fresh graduate dan ditraining oleh semacam BLK selama 6 bulan - 1 tahun mengenai cara kerja, budaya, bahasa, dsb. untuk Hongkong dan Taiwan selain Kroniisme, dan perekrutan bagi lulusan SMU/SMK dan Akper juga "kenaikan pangkat" bagi yang telah punya working experience sebagai pembokat dan pengasuh di Singapore dan untuk Singapore yang berpengalaman di Malaysia sedang Arab Saudi ini memang tujuan karena pola pikir yang aneh saja bagi sebagian masyarakat...padahal disana itu jadi pembokat, bukan naik haji dan belum tentu majikan mengijinkannya juga.... btw, orang2 Arab Saudi ini, yang sudah keliling Eropa sekalipun memiliki sifat psikologis yang strict, apalagi karena berada dalam sistem monarkhi, mengadakan kelas sosial bertingkat dalam pola pikirnya walaupun tidak dinyatakan, dan sangat rigid. (saya seorang penyandang gelar keturunan bangsawan Surakarta, jadi saya paham pola pikir tersebut walaupun saya nggak mau membicarakannya, ntar dibilang sombong lagee)..

    kenapa ada TKI :
    dari unsur individu
    1. Need / society interest to have a better life with limited education.
    2. The need of having professional experience (Jepang Korsel).
    3. Tekanan Hidup / tekanan ekonomi.
    4. Way of Life / Pengaruh lingkungan.

    dari unsur pemerintah :
    1. Keterbatasan lapangan kerja.
    2. Keterbatasan atau Kegagalan pemerintah dalam mengelola dan mengembangkan sektor pendidikan.
    3. Kebiasaan yang dipelihara karena mengurangi beban ekonomi.

    (aku dah dipanggil biar gak ketinggalan pesawat)
    jadi intinya, itu between love and hate.. aku pernah berinteraksi intens dengan TKI asal Taiwan.. aku bilang, mas ntar kalo dah mapan disana, mendingan nggak usah balik ke Indonesia, keluarganya diajak aja kesana...daripada ribet mikirin Gayus....... mbayar pajak lagi......

    bersambung...

    BalasHapus
  2. R. Agung Wibowo Putro, SH.
    (Pemerhati TKW-yang cantik-cantik...hehehe)

    BalasHapus
  3. memang diri kita lebih senang dan hobi dengan pertanyaan "berbuat apa?" dari pada "apa berbuat?" yang dilontarkan pada issue2 yang beredar hanya demi memperoleh sejumput.... apa pun itu, intinya hanya sejumput.

    Maju terus yang mau maju!

    BalasHapus
  4. terima kasih mas agung untuk komentarnya, sangat menambah wawasan pembaca..

    untuk para komentator yang memakai jatidiri anonim, mohon diberikan identitas diri, minimal nama.. jd kita bs saling mengenal, terima kasih..

    V.S.T

    BalasHapus
  5. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .
    DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    BalasHapus
  7. Terma ksih banyak kpd teman sy yg ada di hongkong. Brkat postingan dia di facebook sy bsa kenal nma nya Mbah jenggot guru spiritual Pesugihan Dana Ghaib Tampa Tumbal . Sudah 7 tahun kerja jd TKW di singapur tdk ada hasil sm sekali. Ada Gaji sdikit itu pun tdk cukup biaya anak di kmpung. Brkat bantuan Mbah jenggot kpd sy melalui Pesugihan Dana Ghaib nya . Sy sudh bs pulang ke kmpung halaman bka usaha skrg. Bagi teman2 sesama Tki atau Tkw yg berada di perantauan ingin merubah nasib sprti sy hubungi sj beliau di +6282291277145 . trima kasih ya allah atas semua rejekimu ini. Amin ...

    BalasHapus